oleh

Dalam Vicon Refleksi dan Proyeksi Pilkada Serentak 2020 Dengan Menkopolhukam Pemkab Rokan Hulu Sebut Pilkada Serentak 2020 Dengan Ini

rokanhulu.net – Pasca 270 daerah melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Pemerintah Pusat melalui Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) bersama Mendagri, KPU dan Bawaslu RI menggelar Refleksi dan Proyeksi Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 secara Virtual, Senin (14/12/2020).

Sementara tingkat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu di ikuti Bupati Rokan Hulu H. Sukiman yang diwakili Kabag Tapem Setda Rokan Hulu Ervan Dedi Sanjaya SSTP, turut juga didampingi Kabag Ops Polres Rokan Hulu Kompol Jhon Firdaus, Kasat Binmas Polres Rokan Hulu AKP Hermawan, Sekretaris Satpol PP Rokan Hulu Dennis Hendri, Perwakilan Kajari Rokan Hulu dan Dandim 0313/KPR, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rokan Hulu.

Vicon Refleksi dan Proyeksi Pilkada 2020 dengan Menkopolhukam
Vicon Refleksi dan Proyeksi Pilkada 2020 dengan Menkopolhukam

Dalam Video Conference itu, Menkopolhukam Mahfud MD menyebut Pilkada yang dilangsungkan pada tanggal 9 Desember 2020 lalu berjalan dengan lancar.

Menurut Mahfud, hingga sekarang ini data pasien yang terpapar Covid-19 baik di daerah yang menggelar Pilkada maupun yang tidak menggelar Pilkada 617.830 orang.

“Hingga hari ini belum ada klaster yang tertular dari kerumunan Pilkada. Kalau diproyeksi ke Januari 15 hari lagi, rata-rata 7 ribu sehari itu baru kira-kira akan 800 ribu tidak akan sampai 3,2 juta. Saya terima kasih atas peringatannya,” katanya.

Lanjut Mahfud, Pilkada di tengah-tengah Pandemi kali ini partisipasi masyarakat masih dinilai tinggi yaitu mencapai 75,83%. “Jika dibanding dengan pilkada serentak tahun 2015 partisipasi masyarakat 69,02% dan diprediksi turun 50%. Tetapi pada Pilkada 2020 naik ke angka 73,83%,” kata dia.

Mahfud mengatakan, pihaknya bersepakat dengan KPU, Bawaslu, Forkopimda untuk terus bekerja sampai proses rekapitulasi suara selesai.

Dia juga berterima kasih kepada organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang secara objektif telah mensuksesnya Pilkada. “Kalau ada yang mau ke Mahkamah Konstitusi (MK) dipersilakan,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Rokan Hulu H. Sukiman yang diwakili Kabag Tapem Rokan Hulu Ervan Dedi Sanjaya SSTP kepada Media Center Diskominfo Rokan Hulu, bahwa Pilkada Rokan Hulu berjalan dengan baik dan lancar, namun untuk penetapan hasil resmi, masyarakat diminta bersabar menunggu keputusan resmi dari KPU Rokan Hulu.

“Hari ini saya mewakili Pak Bupati bersama Forkompinda hadir dalam Vicon Refleksi dan Proyeksi terkait Pilkada serentak 2020. Secara umum pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Rokan Hulu berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan. Saat ini baru selesai penghitungan tingkat Kecamatan, kita menunggu hasil tingkat KPU Kabupaten,” ujarnya

Pemkab Rokan Hulu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara Pilkada, baik KPU dan Bawaslu Rokan Hulu, TNI dan Polri yang telah bekerja keras untuk mengamankan Pilkada serentak 2020. Terlebih lagi Pilkada serentak 2020 ini digelar di tengah Pandemi Covid-19. (Diskominforohul)

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda

Sebaiknya Anda Baca