oleh

Forum Perangkat Daerah Rokan Hulu 2021 Resmi Dibuka

rokanhulu.net – Agenda Forum Perangkat Daerah 2021 dipusatkan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rokan Hulu Riau, berlokasi di Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah, resmi dibuka pada Rabu pagi 10 Maret 2021.

Forum ini resmi dibuka Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris, S.Sos, M.Si, turut dihadiri Asisten II Setdakab Rokan Hulu H. Ruslan, Kepala Bappeda Rokan Hulu Muhammad Zaki, para pimpinan OPD, dan Camat se-Kabupaten Rokan Hulu.

Peserta Forum Perangkat Daerah Kabupaten Rokan Hulu 2021 sendiri terdiri Kepala Perangkat Daerah dan masing-masing Kasubbag Perencaan yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

Sekda Rokan Hulu mengatakan Forum Perangkat Daerah merupakan salah satu tahapan penyusunan perencanaan pembangunan tahun anggaran 2022, dan hasilnya akan disinkronkan atas usulan yang telah disampaikan pada Musrenbang tingkat desa maupun tingkat kecamatan.

“Dan nantinya kita akan sinkronkan dengan kegiatan-kegiatan di OPD terhadap usulan-usulan tersebut,” terang Abdul Haris, Rabu.

Setelah Forum Tingkat Daerah, jelas Sekda, hasil pembahasan dilakukan selama tiga hari, yakni mulai 10 Maret sampai 13 Maret 2021 akan kembali disampaikan ke tokoh masyarakat di tingkat desa maupun tingkat kecamatan.

“Hasilnya akan dibahas pada Musrenbang tingkat Kabupaten Rokan Hulu yang akan dilakukan pada minggu ke empat bulan Maret tahun ini (2021),” ungkapnya.

“Kita berharap seluruh OPD mempedomani segala regulasi yang ada untuk memaksimalkan potensi yang tersedia saat ini,” harapan besar Sekda Rokan Hulu.

Menurutnya, hasil Musrenbang tingkat desa maupun kecamatan se-Kabupaten Rokan Hulu yang telah dilakukan beberapa bulan terakhir tentu menghasilkan banyak usulan, sehingga seluruh OPD diharapkan lebih kreatif dalam menyusun program pembangunan.

“Kita berharap aspirasi masyarakat tidak hanya ditampung dalam APBD Kabupaten Rokan Hulu saja, melainkan juga bisa dilaksanakan melalui APBD provinsi dan APBN, sehingga harapan masyarakat dapat dilaksanakan secara bertahap dan terpenuhi,” harap Sekda Rokan Hulu lagi.

Masih di tempat sama, Kepala Bappeda Kabupaten Rokan Hulu, Muhammad Zaki, menerangkan dalam rangka pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pemda harus menyusun dan menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Zaki menjelaskan RKPD merupakan dokumen perencanaan tahunan daerah, dimana dalam penyusunan harus menggelar Musrenbang sebelum dilakukan Musrenbang tingkat kabupaten.

“Maka kita harus menyelenggarakan kegiatan Forum Perangkat Daerah ini,” papar M. Zaki.

Tujuan agenda Forum Perangkat Daerah sendiri, tambah Zaki, untuk menyelaraskan lrogram dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang tingkat kecamatan.

“Selain itu, forum ini juga untuk mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah tersebut,” kata Zaki, dan berharap Pemda dan seluruh OPD bersinergi dalam pelaksanaan program prioritas pembangunan daerah.

“Kitq juga akan menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan berdasarkan pagu indikatif di masing-masing perangkat daerah,” tandas Muhammad Zaki.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda

Sebaiknya Anda Baca